Senin, 25 November 2013

MANFAAT KULIT SEMANGKA



MANFAAT KULIT SEMANGKA



Semangka merupakan buah dengan komoditas tinggi di daerah tropis, seperti halnya di Indonesia. Karena tanaman semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika. Dari benua Afrika, tanaman ini kemudian menyebar ke Mesir, India, bahkan ke Cina pada abad X. Daging buah semangka mengandung air sebanyak 93,4%, prrotein 0,5%, lemak 0,1%, karbohidrat 5,3%, serat 0,2%, abu 0,5% dan vitamin A 70 mcg. Di Indonesia, buah semangka banyak dikonsumsi masyarakat. Selain karena memiliki banyak kandungan gizi, buah semangka dicari karena kadar airnya yang tinggi yang dapat menyegarkan setiap konsumennya. Namun masyarakat hanya mengkonsumsi daging buahnya saja dan tidak dengan kulitnya. Dengan jumlah produksi 30 ton/ha/tahun, maka kulit buah yang tidak dikonsumsi masyarakat sekitar 3-5ton/ha/tahun. Memang tidak banyak teknologi pemanfaatan kulit semangka di Indonesia. Namun di negeri Arab, buah semangka banyak dimanfaatkan sebagai makanan pencegah diabet, dengan cara menghaluskan kulit semangka hingga menjadi bubur dan mengkonsumsinya rutin setiap pagi dan sore hari. Berdasarkan informasi dari cara pengolahan kulit buah semangka di negeri Arab, maka tidak menutup kemungkinan pengolahan kulit buah semangka juga dapat dilakukan di Indonesia, mengingat jumlah produksi buah semangka yang mencapai 30 ton/ha/tahun. hanya butuh suatu keterampilan dan kreatifitas untuk dapat menemukan solusinya. Kulit semangka dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal kesehatan yaitu   :
1.      Darah tinggi kronis
2.      Radang ginjal
3.      Sulit buang air kecil
4.      Sulit buang air besar kronis
5.      Penyakit dropsy (sakit gembur-gembur).
6.      Mencegah infeksi kandung kemih.
7.      Mengeluarkan cacing usus
8.      Kencing manis (diabetes melitus)
9.      Sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover)
10.  Migren
11.  Mencegah kerontokan rambut
12.  Kulit kasar, luka bakar, dan terbakar matahari


Cara pengolahan kulit semangka untuk beberapa penyakit tertentu:
1.      Darah tinggi kronis, Untuk darah tinggi disarankan untuk mengeringkan kulit semangka lalu ditumbuk halus.Setiap hari diambil 20 gram dari kulit yang telah ditumbuk itu dan dimasak dengan air secukupnya.Pasien yang meminumnya secara teratur selama sebulan,penyakit darah tingginya akan dapat tersembuhkan secara total.
2.      Sedangkan empat penyakit lain seperti Pasien penderita radang ginjal,sulit buang air kecil ,sulit buang air besar kronis dan penyakit gembur-gembur disarankan untuk memotong kecil kulit semangka tersebut lalu dimasak sehingga menjadi adonan ,lalu disimpan di dalam botol kaca yang ditutup rapi. Kemudian penderita dianjurkan memakan adonan tersebut satu sendok makan sehari sebelum sarapan selama sebulan.
Sekarang kita mengetahui bahwa dibalik kelezatan dari daging buah semangka, ada kulit semangka yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mulai sekarang kita bisa memanfaatkan limbah kulit semangka yang biasanya setelah kita makan dagingnya lansung kita buang untuk kita jadikan obat agar limbah kulit semangka bisa menjadi lebih bermanfaatbagi diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com