Senin, 18 November 2013

Manfaat Sampah Kertas



Manfaat Sampah Kertas

Produk dari daur ulang sampah kertas adalah berupa kertas yang teksturnya cantik sehingga dikenal sebagai art paper. Oleh karena itu, umumnya produk kertas daur ulang tersebut digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti kartu ucapan, pelapis permukaan boks karton, tas, kap lampu, daur ulang sampah plastic ini sudah banyak di gunakan seluruh masyarakat tanpa mereka sadar bahwa bahan dari produk tersebut adalah dari sampah kertas.
Usaha ini sangat menarik karena dapat menciptakan sesuatu benda baru yang bermanfaat tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar karena bahan baku utamanya adalah sampah kertas. Selain itu, dengan usaha ini berarti kita telah membantu pemerintah untuk mengurangi volume sampah yang ada. Bahkan dengan pengolahan yang sederhana dan dikombinasikan dengan sampah alami dilingkungan sekitar kita maka aneka benda baru dapat bermanfaat dengan penampilan baru yang kaya akan nuansa alami. Atas ide tersebut, penulis berusaha membuat suatu bentuk baru diantaranya jam dari bahan daur ulang dengan pertimbangan souvenir seperti tempat foto dan tempat pinsil telah banyak dijumpai sehingga dengan souvenir jam dari bahan kertas daur ulang ini diharapkan dapat menjadi souvenir dari bahan kertas daur ulang yang sedikit berbeda dari biasanya.

Cara Pembuatan Produk Daur Ulang Sampah Kertas

Bahan – Bahan yang diperlukan:
-      *    Kertas Bekas
-     *     Lem kayu
-      *   Pewarna Alami (Kunyit, Daun Pandan, Kembang Pacar)
-      *   Blender
-       *  Ember
-      *    Saringan
-      *    Kain


Cara Pembuatannya :

1.      Gunting kecil-kecil kertas bekas kemudian rendam guntingan kertas tadi dalam ember selama 1 hari
2.      Setelah direndam, kertas kemudian diblender sampai halus dengan perbandingan kertas dengan air 1 : 4
3.      Hasil blenderan ini kemudian diberi pewarna alami seperti kunyit dan daun pandan
4.      Setelah diberi pewarna alami lalu di campur dengan lem kayu
5.      Lalu letakkan bubur kertas ke dalam ember
6.      Campurkan adonan kertas tersebut dengan air 1 : 10 di dalam ember yang berlubang besar (muat dengan saringan)
7.      Siapkan papan atau triplek atau keramik yang sebelumnya telah dilapisi dengan kain, kemudian basahi papan dengan air
8.     Masukan saringan ke dalam ember, saring bubur kertas hingga air agak hilang dan ratakan. Saat menyaring jangan terlalu tebal, setelah air menetes beberapa waktu lepaslah saringan tanpa kain dan letakkan di atas keramik.
9.     Jemur kertas dibawah sinar matahari kemudian segera di strika untuk memperhalus kertas, lebih baik jika penyetrikaan dilakukan dengan alas kain agar tidak merusak kertas.

10. Lalu kertas dapat dibuat dengan berbagai macam kesenian seperti bacaan naskah proklamasi, bacaan ayat Al-Quran dan asbak

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com