Jumat, 01 November 2013

membuat pupuk kompos




Sampah merupakan masalah yang di timbulkan oleh setiap manusia. Padatnya penduduk malah semakin meningkatnya sampah. Dan semakin rendah tingkat kesadaran manusia akan sampah, maka sampah akan menimbulkan berbagai masalah yang timbul. seperti banjir, sarang peyakit, bau tidak sedap dll. oleh sebab itu kita harus memikirkan cara pengolahan sampah supaya tidak menimbulkan masalah di masyarakat.

Beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi penanggulangan sampah :

1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Membedakan antara sampah organik dan sampah non organik
3. Menjadikan sampah organik sebagai pupuk

Sampah tidak selamanya menjadi sesuatu yang di pandang sebelah mata. tetapi sampah juga bisa di manfaatkan untuk keperluan manusia itu sendiri, dalam bahasan ini lebih dikhususkan pemanfaatan sampah organik yang sangat berguna untuk keperluan manusia, disaat energi dan sumber daya alam sudah menipis. salah satu pemanfaatan limbah organik yaiu di dengan cara di jadikan kompos.kompos dapat di manfaatkan sebagai pupuk atau penyubur tanaman. Pembuatan pupuk kompos ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menangani masalah limbah organik.

Bahan-bahan:
  • Sampah hijau (sampah organik)
  • Sampah coklat (sampah kotoran hewan)
  • Bak atau drum plastik besar
  • Karung goni atau anyaman bambu
  • Tanah atau paving block
Cara Membuat Pupuk Kompos:
  1. Campur satu bagian sampah hijau dan satu bagian sampah coklat ke dalam bak atau drum plastik besar yang di bawahnya telah ditutupi dengan tanah atau paving block dan diberi lubang agar kelebihan air dapat merembes ke tanah.
  2. Tambahkan satu lapisan tanah atas dan biarkan mikroba aktif dalam tanah bekerja mengolah sampah menjadi kompos.
  3. Ulangi proses pertama dan kedua untuk lapisan berikutnya. Lalu tutup drum dengan karung goni. Proses ini dapat dilakukan setiap dua hari sekali.
  4. Setelah hari ketujuh, buka dan aduk pupuk kompos tersebut. Lalu tutup kembali dan lakukan proses ini setiap tujuh hari sekali.
  5. Untuk mempercepat proses pengomposan, dapat ditambahkan bio-activator berupa larutan effective microorganism (EM) yang bisa dibeli di toko pertanian.
  6. Setelah 4-6 minggu, jika campuran pupuk sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau sampah lagi, berarti proses pengomposan telah selesai.
  7. Lalu ayak dan pisahkan bagian yang kasar dan kompos yang kasar dapat dicampurkan ke dalam bak pengomposan sebagai activator.

Cara Membuat Pupuk Kompos

Meski memerlukan proses yang tidak sebentar, Cara Membuat Pupuk kompos seperti diatas dapat teman-teman lakukan sendiri dirumah untuk lebih menghemat biaya dan membantu kebersihan lingkungan sekitar. Itulah ulasan seputar Cara Membuat Pupuk kompos yang bisa dipraktekkan dirumah, semoga dapat bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com